MUI dan Forum CSR Jajaki Peluang Kerja Sama Kemandirian Umat

Share

Kraksaan – Untuk pertama kalinya, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Probolinggo bertemu dengan Forum Corporate Social Responsibility (CSR) Kabupaten Probolinggo. Dalam pertemuan itu, MUI menjajaki peluang kerja sama keumatan.

Pertemuan MUI dan Forum CSR itu berlangsung di kantor MUI setempat, Gedung Islamic Center Kraksaan pada Kamis (8/6/2023) pagi.

Ketua Forum CSR Kabupaten Probolinggo Sugeng Nufindarko, membawa empat orang anggota yang mewakili perusahaan masing-masing. Seperti PLN Nusantara, PT POMI, PT YTL, dan Bank Jatim cabang Kraksaan. Sugeng sendiri merupakan mantan direksi PT Sasa Inti Gending.

Mereka disambut Dewan Pimpinan MUI KH Ahmad Muzammil, Ustaz Muhamad Fadlal, Sekretaris Umum Ustaz Taufik, dan Bendahara Umum Zulfa Zakiyatul Fakhiroh. Ketua Komisi Pemberdayaan Ekonomi Islam sekaligus Ketua Tim Layanan Sertifikasi Halal, Cipto Santosa juga hadir.

KH Ahmad Muzammil dalam sambutannya mengatakan, pertemuan MUI dan Forum CSR ini baru pertama kali. “Selamat datang Forum CSR di kantor MUI yang kecil ini,” kata Kiai Muzammil, disambut tawa semua yang hadir.

Kiai Muzammil menuturkan, kecilnya kantor ini sama dengan minimnya anggaran yang diterima MUI dari pemerintah daerah. Yakni hanya Rp 100 juta dalam setahun. “Tentu tidak sebanding dengan banyaknya kegiatan kami,” katanya.

Karena itu Kiai Muzammil berpendapat, penting adanya kolaborasi MUI dan Forum CSR untuk memaksimalkan kegiatan keumatan yang dijalankan MUI.

Mendengar penjelasan Kiai Muzammil, Sugeng Nufindarko pun langsung menjawabnya. Menurutnya, Forum CSR juga punya kewajiban untuk membantu urusan umat.

Akan tetapi menurut Sugeng, urusan keumatan yang jadi fokus CSR adalah pengembangan kemandirian masyarakat. “Program yang digagas Komisi Pengembangan Ekonomi Islam ini sejalan dengan kami,” katanya.

Setelah pertemuan ini, Sugeng akan membahas bersama Forum CSR yang merupakan perwakilan dari beberapa perusahaan besar di Kabupaten Probolinggo. “Yang pasti, kita sudah banyak membantu untuk Kabupaten Probolinggo,” jelasnya.

Pembahasan di internal Forum CSR itu terkait program apa saja yang bisa dikolaborasikan antara MUI dan Forum CSR. (Admin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *