Kiai Mutawakkil: MUI Itu Mitra Pemerintah

Share

Kraksaan – Ketua Umum MUI Jawa Timur KH Mohamad Hasan Mutawakkil Alallah, menegaskan bahwa MUI merupakan mitra pemerintah. Hal itu diungkapkan dalam kegiatan Pengukuhan dan Pelantikan 24 Dewan Pimpinan MUI Kecamatan se-Kabupaten Probolinggo, Senin (18/9/2023).

Pelantikan tersebut bertempat di Ruang Pertemuan Tengger Kantor Bupati Probolinggo. Selain dihadiri Kiai Mutawakkil, kegiatan itu juga dihadiri Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko dan jajaran Forkopimda.

Ada banyak hal yang disampaikan oleh Kiai Mutawakkil saat memberikan sambutan. Salah satunya bahwa MUI sebagai mitra pemerintah.

Sebagai mitra, menurutnya, maka MUI berkewajiban memberikan masukan kepada pemerintah. “Bukan memberikan cercaan,” tegasnya.

MUI juga wajib mendukung program pemerintah yang berpangku pada kepentingan rakyat. Karena itu, Pengasuh Ponpes Zainul Hasan Genggong ini mendorong MUI untuk terus membangun sinergitas bersama pemerintah. “Kalau di (Pemprov) Jatim, MUI itu selalu dilibatkan dalam musrenbang,” ujarnya.

Menurutnya, keterlibatan MUI dalam musrenbang Pemprov Jatim karena MUI punya kelebihan. Salah satunya karena jajaran pengurus MUI juga terdapat unsur cendekia.

Ke depan, ulama yang jago berpantun ini berharap kepada MUI kecamatan yang sudah dilantik untuk meneruskan estafet sinergitas dengan pemerintah setempat. (Admin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *