Manfaat Tadarus Alquran di Bulan Ramadan

Share

Kraksaan – Ada banyak ibadah sunnah yang biasa dilakukan oleh umat Islam di bulan Ramadan. Salah satunya tadarus Alquran. Tadarus Alquran memiliki manfaat bagi mereka yang rutin melakukannya.

Tadarus Alquran di bulan Ramadan umumnya dilakukan bakda salat tarawih. Umumnya pula dilakukan di masjid dan musala. Tapi tak sedikit pula warga yang menggelar tadarus Alquran di rumah warga dalam satu lingkungan.

Sekretaris Umum MUI Kabupaten Probolinggo, Ustaz Taufik mengatakan, tadarus Alquran memiliki manfaat yang banyak bagi mereka yang melakukannya. “Yang pasti, melalui tadarus umat Islam akan mempelajari Alquran lebih mendalam,” katanya.

Ustaz Taufik menuturkan, tadarus itu sendiri berarti belajar, menelaah, mengkaji. Dengan mempelahari Alquran di bulan Ramadan, maka akan menambah ibadah di bulan suci tersebut.

Nah, dalam praktiknya di bulan Ramadan, tadarus Alquran dilakukan secara bersama-sama di satu tempat. “Seperti dilakukan di masjid atau musala,” ujarnya.

Dengan membaca Alquran bersama-sama dan bergantian, lanjutnya, maka umat akan mengetahui mana bacaan yang salah dan benar. Sehingga antar umat akan saling mengingatkan jika ada bacaan yang salah. Baik dari segi tajwid ataupun mahraj. “Bagaimana idgham, ikhfak bisa dipelajari bersama-sama,” kata Ustaz Taufik.

Maka, melalui tadarus tersebut, antar muslim bisa saling membantu, belajar dan saling mengingatkan karena proses membacanya dilakukan secara bergantian.

Melalui momentum tadarus Alquran di bulan Ramadan, Ustaz Taufik berharap agar umat Islam semakin mencintai Alquran dan menjadi pedoman dalam menjalankan kehidupan.

Ia juga berharap agar umat Islam tidak hanya membaca Alquran di bulan Ramadan saja. “Semoga juga istikamah di bulan-bulan berikutnya,” katanya. (Admin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *