‘Petilasan’ Krucil Akhirnya Dibongkar

Share

Krucil – Petugas lintas unsur akhirnya membongkar sebuah tempat yang diklaim sebagai petilasan Syekh Maulana Ishaq di Desa Kalianan, Kecamatan Krucil, Kabupaten Probolinggo, Kamis (29/2/2024). MUI Kecamatan Krucil hadir dalam pembongkaran itu.

“Petilasan” tersebut dibongkar secara simbolis oleh perwakilan Perhutani setempat. Lalu, oleh warga yang meyakini tempat tersebut sebuah petilasan dan sering menggelar kegiatan di tempat itu.

Sebelum pembongkaran mereka membakar kemenyan. “Setelah itu mereka membongkar sendiri. Termasuk bangunan berbentuk makam,” kata sekretaris MUI Kecamatan Krucil, ustaz Mahfud Suhairi Luthfi.

Ustaz Mahfud menyebut bahwa warga yang melakukan pembongkaran bukan warga setempat. Mereka merupakan warga Desa Bago, Kecamatan Besuk. “Mereka itulah jamaah yang kerap ke tempat ini dan mengadakan kegiatan,” ujarnya.

Perlu diketahui, pembongkaran ini merupakan klimaks dari rentetan gegernya tempat tersebut. Sebelumnya, Bakorpakem Kabupaten Probolinggo telah mengeluarkan keputusan bahwa tempat tersebut bukan petilasan Syekh Maulana Ishaq.

Keputusan itu didasarkan beberapa hal. Termasuk maklumat yang dikeluarkan oleh MUI Kabupaten Probolinggo. (Admin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *