Syiar Ramadan: Perbanyak Amal Saleh di Sisa Waktu

Share

Kraksaan“Kita harus pandai memanfaatkan kesempatan dengan memperbanyak amal saleh, sebelum kesempatan itu direnggut maut”

Anggota Komisi Hubungan Antar Lembaga Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Probolinggo, Kiai Mohamad Hilmi Thalib mengingatkan kepada kita agar memanfaatkan sisa waktu yang ada. Seperti kutipan di atas dengan memperbanyak perbuatan baik dan amal saleh.

Kiai Hilmi menjelaskan, banyak yang tidak menyadari bahwa kesempatan kita untuk melakukan amal saleh semakin hari semakin berkurang. “Isilah kesempatanmu. Jangan suka menunda-nunda untuk berbuat baik” kata Kiai Hilmi.

Beliau menuturkan bahwa, tidak ada seorang pun yang mampu menghindari maut. Tidak ada yang dapat memundurkannya. Pun demikian tidak ada yang mampu memajukannya.

Namun sayang masih banyak yang melalaikannya, dan terbuai dengan kehidupan duniawi dengan mengabaikan kehidupan yang kekal abadi. “Justru banyak yang berbuat kemaksiatan,” tuturnya.

Untuk itu, Kiai Hilmi mengajak umat Islam untuk mengisi sisa hidupnya dengan memperbanyak amal saleh. Hal itu sesuai dengan sabda Rasulullah yang berbunyi:

اِغْتَنِمْ خَمْسًا قَبْلَ خَمْسٍ شَبَابَكَ قَبْلَ هَرَمِكَ وَصِحَّتَكَ قَبْلَ سَقَمِكَ وَغِنَاكَ قَبْلَ فَقْرِكَ وَفرَاغَكَ قَبْلَ شُغْلِكَ وَحَيَاتَكَ قَبْلَ مَوْتِكَ

Manfaatkanlah lima perkara sebelum datang lima perkara. Masa mudamu sebelum datang masa tuamu. Sehatmu  sebelum datang sakitmu. Masa kayamu sebelum datang faqirmu. Waktu luangmu sebelum waktu sibukmu. Masa hidupmu sebelum datang kematianmu.

Melalui hadist tersebut, Kiai Hilmi mengingatkan kita semua untuk mengisi kesempatan kita untuk memperbanyak amal saleh. Memperbanyak ibadah.

Sesungguhnya dunia ini tak ubahnya ladang atau sawah tempat kita menanam amal. Hasilnya akan dipetik di akhirat.

Barang siapa yang berbuat baik di dunia, maka akan memperoleh pahala dari Allah. “Barangsiapa yang berbuat jahat, maka Allah akan membalasnya dengan siksa,” katanya.

Nah, di momentum bulan Ramadan ini Kiai Hilmi mendoakan umat Islam agar dipermudah berbuat amal saleh. Ini agar ketika ajal datang kita dalam keadaan husnul khatimah. Amiin. (Admin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *