Syiar Ramadan: Perkuat Solidaritas melalui Sedekah di Bulan Ramadan

Share

Oleh: Ustaz H. Taufik, Sekretaris Umum MUI Kabupaten Probolinggo

Kraksaan“Melalui puasa, mendorong seseorang untuk bersedekah dengan memberikan makan kepada orang yang kelaparan”

Petikan kalimat di atas disampaikan oleh Sekretaris Umum MUI Kabupaten Probolinggo Ustaz H Taufik, dalam ceramah Ramadan yang disiarkan melalui Radio Bromo FM Pemkab Probolinggo. Ceramah tersebut merupakan salah satu program MUI Kabupaten Probolinggo di bulan Ramadan tahun 1444 Hijriah.

Menurut Ustaz Taufik, memberikan makan kepada seseorang yang kelaparan merupakan salah satu bentuk sedekah kita kepada sesama. Akan tetapi, hal itu akan mudah dilakukan jika kita sendiri pernah merasakan lapar. “Seperti lapar yang kita rasakan selama menjalankan ibadah puasa Ramadan,” katanya.

Terkait sedekah tersebut, Ustaz Taufik menyampaikan bahwa ada sedekah yang punya keutamaan paling tinggi. Hal itu sesuai dengan salah satu hadist Rasulullah Muhammad SAW yang menyebut bahwa, sedekah paling utama adalah sedekah di bulan Ramadan.

Lalu, dalam bentuk apa sedekah yang bisa kita lakukan selama Ramadan? Ustaz Taufik menyebut ada banyak sekali bentuk sedekah. Salah satunya adalah memberikan makan untuk buka puasa. Baik buka puasa sendirian atau dalam bentuk kegiatan buka bersama.

Ia menjelaskan, bersedekah dengan memberikan makan untuk buka puasa akan mudah dilakukan oleh mereka yang terbiasa berpuasa. “Sebab pemberi sedekah mengetahui bagaimana rasanya menahan lapar,” ujarnya.

Nah, jika bersedekah tersebut mulai terbiasa dilakukan selama bulan Ramadan, maka secara perlahan akan terbentuk sikap solidaritas antar umat. Solidaritas antara pemberi dan penerima sedekah. Solidaritas antar umat Islam. Solidaritas antar sesama makhluk Allah SWT.

Bahkan menurut Ustaz Taufik, jika solidaritas itu telah menjadi budaya dalam kehidupan sehari-hari, maka tidak akan ada kemiskinan di negeri ini. “Lambat laun angka kemiskinan akan menurun,” kata Ustaz Taufik.

Karena itu Ustaz Taufik mengajak kepada umat Islam, khususnya di Kabupaten Probolinggo, untuk memperbanyak sedekah demi terwujudnya solidaritas antar sesama. Solidaritas yang bisa diwujudkan melalui proses ibadah di bulan Ramadan. (admin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *