MUI Kabupaten Probolinggo Gagas Forum Kajian Keislaman

Share

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Probolinggo terus berikhtiar untuk meningkatkan keimanan umat Islam di Kabupaten Probolinggo. Sudah banyak program yang dipersiapkan. Salah satunya Forum Kajian Keislaman (Forkam).

Program Forkam ini digagas oleh Komisi Dakwah dan Ukhuwah Islamiyah. Tak sendiri. Komisi yang diketuai oleh Ustaz Moh Barzan ini juga menggandeng Komisi Fatwa MUI Kabupaten Probolinggo.

Sebagai bentuk kesiapan, MUI menggelar rapat komisi di kantor MUI setempat pada Jumat (17/3/2023) siang. Rapat tersebut juga dihadiri dua orang Dewan Pimpinan MUI Kabupaten Probolinggo, Ustaz Muhammad Fadlal dan Ustaz H. Ahmad Banawir.

Ustaz Moh Barzan mengatakan, Forkam ini merupakan salah satu program Komisi Dakwah yang bersifat rutinitas. “Kita rencanakan digelar sekali dalam sebulan,” ujarnya.

Ia melanjutkan, Forkam adalah salah satu wujud ikhtiar Komisi Dakwah dalam membumikan Islam di Kabupaten Probolinggo. Meski Islam menjadi agama dominan di wilayah dengan 24 kecamatan ini.

Melalui Forkam, diharapkan ajaran Islam dan tuntunan Rasulullah Muhammad SAW akan terus dijalankan oleh muslim Kabupaten Probolinggo. Sebab dalam forum tersebut, terdapat kajian Keislaman yang dipaparkan oleh narasumber.

BAHAS ISU AKTUAL

Perlu diketahui, Forkam tidak hanya melakukan kajian Keislaman. Forum perdana yang dimiliki MUI Kabupaten Probolinggo ini nantinya juga akan membahas isu-isu aktual. “Tentunya yang sedang hangat diperbincangkan di Probolinggo,” kata Ustaz Barzan.

Karena juga akan membahas isu aktual melalui Forkam, maka MUI Kabupaten Probolinggo juga akan mengundang narasumber selain dari MUI. Misalnya, ketika membahas isu stunting maka menghadirkan OPD terkait di lingkungan Pemerintah Kabupaten Probolinggo.

Terlepas dari pembahasa isu-isu terkini yang terjadi di Kabupaten Probolinggo, menurut Ustaz Barzan, tentunya hal itu akan dikaitkan dengan ajaran Islam dan sunnah Rasulullah. “Bagaimanapun ini kajian Keislaman,” tuturnya.

Sebagai langkah awal, Forkam ini akan dimulai pada bulan Syawal 1444 Hijriah. (admin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *