MUI-BAZNAS Kab Probolinggo Gelar Kegiatan Sosialisasi dan Diklat Juru Sembelih

Share

Kraksaan – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Probolinggo, dan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Probolinggo menggelar kegiatan sosialisasi dan diklat Juru Sembelih Halal, Aman, Higienis (Juleha Manis), Senin (26/6/2023). Kegiatan ini diikuti 60 peserta.

Enam puluh peserta itu merupakan perwakilan dari juru sembelih di empat pasar yakni, pasar Pajarakan, Semampir, Kebonagung dan Paiton. Peserta lainnya dari 24 MUI kecamatan di Kabupaten Probolinggo.

Tak hanya itu. Perwakilan dari Kecamatan Pajarakan, Krejengan, Kraksaan dan Paiton juga hadir. Lengkap dengan perwakilan Koramil dan Polsek di empat kecamatan tersebut.

Adapun narasumber yang dihadirkan yakni dari Komisi Fatwa MUI Kabupaten Probolinggo Kiai Mudhofir, Kabid Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Dinas Pertanian Kabupaten Probolinggo, Nikolas Nuryulianto, Popo Kuswantoro selaku Kepala Rumah Potong Hewan (RPH) Ruminansia Leces.

Kegiatan Juleha Manis ini dibuka langsung oleh Wakil Ketua Umum MUI Kabupaten, KH Abdul Wasik Hannan didampingi Ketua BAZNAS Kabupaten Probolinggo KH Ahmad Muzammil.

Dalam sambutannya Kiai Wasik mengatakan, konsumen saat ini membutuhkan kepastian kehalalan produk. Ini agar setiap makanan dan minuman yang dikonsumsi terjamin kehalalannya.

Kiai Wasik menjelaskan, kegiatan ini juga untuk mendukung upaya pemerintah dalam mewujudkan pusat sertifikasi halal. “Saat ini kita masih kalah dengan Jepang dan Thailand, yang notebene negara dengan monoritas Islam,” ujarnya.

Sementara Ketua BAZNAS Kabupaten Probolinggo KH Ahmad Muzammil mengatakan, pihaknya mendukung penuh kegiatan MUI demi kepentingan.

Kiai Muzammil menjelaskan, ada tiga prinsip kegiatan yang dilakukan oleh BAZNAS. Yakni, aman regulasi, aman syar’i dan aman NKRI. “Kenapa harus aman NKRI, karena BAZNAS juga punya tugas mengawasi kegiatan radikalisme yang didanai oleh pengumpulan amal di luar BAZNAS,” ujarnya.

Untuk itu, Kiai Muzammil memastikan bahwa BAZNAS siap mendukung kegiatan MUI untuk kemaslahatan umat.

Setelah kegiatan ini dibuka, dilanjutkan dengan paparan materi oleh ketiga narasumber. (Admin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *