Syiar Ramadan: Manfaatkan Sepuluh Hari Terakhir Bulan Ramadan

Share

Kraksaan“Sepuluh hari terakhir Ramadan telah tiba. Inilah saatnya kita berburu pahala dan ridho Allah, menuju kemenangan”

Anggota Komisi Dakwah dan Ukhuwah Islamiyah MUI Kabupaten Probolinggo, Ustaz Anwar Sani mengajak umat Islam untuk memanfaatkan 10 hari terakhir bulan Ramadan. Sebagaimana kutipan ceramah Ustaz Anwar Sani di atas dalam program “Syiar Ramadan” yang disiarkan melalui Radio Bromo FM.

Ustaz Anwar Sani menjelaskan, umat Islam harus benar-benar memaksimalakan 10 hari terakhir bulan Ramadan. Sebab menurutnya, waktu tersebut merupakan waktu yang tepat bagi muslim untuk membuktikan diri kualitas keimanannya kepada Allah.

Menurutnya, waktu tersebut harus dimaksimalkan untuk menuju kemenangan. Menuju hari yang fitri. “Sebab tidak semua orang mendapat kesempatan bertemu dengan hari-hari terakhir bulan Ramadan,” katanya.

Ustaz Anwar Sani menyampaikan bagaimana Rasulullah SAW memanfaatkan 10 hari terakhir bulan Ramadan. Rasulullah membangunkan keluarganya untuk salat malam. Ibadah dengan sungguh-sungguh. Serta tidak menggauli istrinya.

Jika Rasulullah saja yang sudah dijamin masuk surga masih memanfaatkan malam-malam terakhir bulan Ramadan, maka menurutnya, kita sebagai manusia biasa harus mengevaluasi diri. “Ini saatnya kita menebus kelalaian di hari-hari sebelumnya,” ujarnya.

Ustaz Anwar Sani juga menganjurkan kepada umat Islam agar memenuhi masjid untuk beriktikaf. Namun Ustaz Anwar menyayangkan karena fakta yang terjadi justru sebaliknya. Dimana masjid mulai sepi. Sedangkan pusat perbelanjaan makin ramai.

Beliau juga mengingatkan kepada muslim, bahwa di 10 hari terakhir bulan Ramadan terdapat malam penentuan tentang takdir manusia ke depannya. Malam Lailatul Qadar. Sebagaimana yang disebutkan dalam Surat Al-Qadr ayat 4 di bawah ini:

تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِم مِّن كُلِّ أَمْرٍ 

Artinya: Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan.

Ustaz Anwar Sani menjelaskan tentang tujuan turunnya malaikat pada malam Lailatul Qadar. Pertama, untuk menyampaikan salam penghormatan kepada manusia. Kedua, untuk menentukan takdir manusia pada tahun tersebut.

Karena itu, Ustaz Anwar Sani mengajak umat Islam untuk memperbanyak ibadah dan doa pada 10 hari terakhir bulan Ramadan. Sebab, kapan pastinya malam Lailatul Qadar tidak ada yang tahu. Mutlak kewenangan Allah SWT. (Admin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *